monggo pinarak... disajikan untuk kemudahan share ilmu bersama... monggo....

Pencarian artikel atau yang lain... monggo...

monggo pinarak segalanya bisa diambil di blog ini, but jangan lupa sertakan arsip alamat dan penciptanya serta jangan lupa tinggalkan komentar dan kritik serta saran. anda segan kami sopan. monggo loh salah ya kebalik,,, anda sopan kami segan heheheh :-)

Jumat, 31 Desember 2010

SImplex Data Transfer By Laser

Monggo....


KOMUNIKAS LASER
Mata Kuliah Teknik Laser dan Fiber Optik
Semester 6



Simplex Data Transfer Modulated By Laser



KONSENTRASI ELEKTRO KOMUNIKASI
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2009




Diskripsi  Kerja Rangkaian

·        Receiver (penerima) harus diorientasikan ke arah beam laser (cahaya pancaran laser).

·        Jika cahaya laser tidak akurat/ tepat mengenai Fototransistor 2N5777/L14F maka rangkaian penerima tidak akan bekerja (suara tidak bisa di dengarkan melalui penerima (loud speaker)).
 
·        Rangkaian pemancar mengunakan  mikrofon condonser untuk modulasi suara inputan, transistor BC548 diikuti penguat OP AMP 741 yang besar penguatannya dapat diatur dengan VR1 1M Ohm (variable resistor).

·        Keluaran AF (Audio Frekuensi) dari OP AMP 741 yang dipasangkan dengan transistor BD139 untuk mengontrol/ mengatur modulasi pancaran laser.


·        Rangkaian pemancar menggunakan asupan daya 9 Volts DC, transistor BD139 menggunakan heat sink untuk mengurangi panas yang di timbulkan atas kerjanya.

·        Rangkaian penerima menggunakan phototransistor NPN seperti halnya sensor cahaya yang diikuti oleh dua tingkat penguatan awal (preamplifier) transistor dan LM386 penguat daya audio (audio power amplifier).

·        Rangkaian penerima hanya butuh phototransistor yang diorientasikan lurus dan akurat dengan cahaya pancaran laser serta untuk penyesuaian volume dapat di atur dengan VR2 untuk kejernihan suara.

·        Untuk meghindari gangguan noise sebesar 50 Hz di speaker, jaga /jauhi phototransistor dari sumber cahaya yang berasal dari arus bolak-balik (Bohlam) cahaya terang dan hindari kontak langsung dengan cahaya matahari.

 ·        Rangakaian penerima memerlukan asupan daya sebesar 9 Volts DC seperti halnya rangkaian pemancar dan menggunakan load speaker  dengan tahanan 8 Ohm per 0,5 watt untuk output.

 >>>Download Artikel Lengkap
        - DOC
        - PPT

1 komentar:

monggo berkomentar